Menabung vs Investasi: Yang Mana Dulu?

Duluan yang mana? Menabung atau Investasi?
BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Menyimpan uang di dompet. (frestocks.com)

Sebelum membahas “baiknya yang mana dulu ya?”, sebaiknya dimulai dari dasar perbedaannya.

Soalnya banyak orang yang kadang masih tercampur tujuannya, jadi bingung ini sebetulnya mau buat investasi apa hanya nabung saja.

Letak perbedaannya sebetulnya bisa dikategorikan sebagai “kapan akan digunakan?”, atau tujuannya.

MENABUNG (BUKAN MENANAM YA)

Kelebihannya sudah pasti kita bisa withdraw kapan saja, selama saldo di tabungannya masih ada ya.

Menabung merupakan kebiasaan baik yang perlu dilakukan, khususnya bagi orang-orang yang baru pertama kali bekerja.

Hal yang paling penting dalam menabung hanya konsistensi yang tinggi. Uang sudah pasti tidak akan berkurang kecuali kita tarik uangnya.

Kalau untuk saat ini sedang menata tujuan atau impian keuangan jangka panjang, menabung merupakan hal yang tergolong efektif.

Karena sifatnya betul-betul pasti, sehingga dalam prosesnya pun bisa diukur dengan baik. Namun, tetap saja menabung ada kelemahannya.

Nilai tunai di masa yang akan datang belum tentu secara value itu sama dengan yang sekarang. Iya, inflasi menjadi musuh terbesar dalam menabung.

Pastikan saja jika kita ingin menabung, cari tabungan yang bebas biaya admin bank ya. Penting banget biar tidak ikut-ikutan tergerus nilainya.

Cari juga bunga standarnya yang cukup bagus (biasanya bukan yang model produk tabungan yang dananya dikunci selama periode tertentu). Setidaknya selain menghilangkan biaya admin, kalau ketemu yang terbaik pun, bisa mengimbangi inflasi sedikit.

BERINVESTASI

Nilai plus investasi sebetulnya simpel, hanya untuk mengembangkan dana yang telah ada.

Dalam prinsip ilmu financial planning, investasi termasuk dalam fase wealth accumulation atau akumulasi harta kekayaan. Kelebihannya memang dia bisa berkembang jauh lebih cepat dan lebih baik dari tabungan.

Hasil pencapaiannya bisa kita ukur sama yang namanya return, atau imbal hasil.

Enaknya kita tidak perlu harus bersusah payah mengumpulkan uang secara efektif hingga tujuan yang diinginkan tercapai.

Di sini juga berlaku yang namanya risk dan reward, dikarenakan imbal hasil investasi bisa naik turun, tergantung penempatannya di instrumen mana.

Dalam berinvestasi, sebaiknya harus pakai uang dingin, apalagi jika berinvestasi di saham.

Kenapa uang dingin atau uang yang betul-betul tidak terpakai dalam jangka dekat? Karena fokusnya sangat berbeda dengan menabung. Jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak, berinvestasi sangat perlu untuk dilakukan.

Perasaan orang ketika tujuan keuangannya sudah tercapai. (pakutaso.com)

MENENTUKAN MAU MENABUNG ATAU INVESTASI

Buat sebagian orang yang masih sangat bingung, enakan yang mana menabung atau berinvestasi. Konsep paling mudahnya adalah dengan berdasarkan jangka waktu untuk menggunakannya kapan.

Kalau memang sangat kepepet sekali, tidak ada tabungan sama sekali atau mungkin terlalu deras aliran uang masuk dan keluarnya, solusinya harus menabung. Titik.

Diusahakan dalam menabung, minimal kita harus buat kantong untuk dana darurat terlebih dahulu.

Setelah itu, jika memang kita punya tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dari sekarang, tapi uang pastinya belum ada. Maka sangat jelas, investasi menjadi solusi paling efisien untuk mengembangkan dana yang telah ada.

Pastikan kembali bahwa dalam investasi pikirkan risiko dan rewardnya, karena investasi bukanlah sesuatu yang bersifat pasti.

Mungkin, juga bisa coba opsi yang terakhir, lakukan keduanya. Biasanya dengan memakai sistem persentase atau berapa banyak porsi yang digunakan baik untuk nabung atau invest. Cara ini adalah cara yang paling fleksibel dalam mengelola keuangan, karena sangat bergantung pada tujuan yang ingin dicapai.

Investasi Reksa Dana di Bibit, kita dapet cashback IDR 25 ribu pas daftar pakai kode “TWEETBYFIRMAN”

BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Default image
Firman

Perencana keuangan dependen. Saya juga aktif menulis artikel di TweetByFirman.my.id. Punya hobi makan sushi dan sashimi, nonton anime dan pecinta negara Jepang.

Leave a Reply