Ketika Investasi Tak Berjalan Sesuai Rencana

Kalau investasi belum sesuai rencana, harus bagaimana?
BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Mengatasi pusing karena investasi tidak berjalan semestinya (pakutaso.com)

Investasi kelihatannya cukup menarik. Karena sebagai jalan untuk mengembangkan aset, nilai kekayaan bertambah seiring berjalannya waktu.

Kemudian, tiba-tiba mulai anjlok tanpa peringatan.

Mendadak kita harus menghadapi keputusan yang kita tidak pernah perkirakan sebelumnya. Maklum, karena yang namanya investasi akan selalu ada risk dan reward.

Lantas, apa yang harus kita lakukan ketika investasi tidak berjalan mulus?

MENGINGAT KEMBALI ALASAN INVESTASI

Ketika investasi belum bisa menghasilkan cuan, ingatlah pertama kali apa yang membuat kita mau investasi di tempat itu.

Khususnya seperti saham, kurang lebih mirip seperti hubungan kita. Dulu sangat dicintai, karena konon dipercaya mampu membawa keuntungan.

Tapi, hal menjadi sangat berbeda ketika ekspektasi yang diharapkan menjadi tidak sesuai. Dibenci kemudian dicari-cari kesalahannya. Bahkan saling menyalahkan keadaan.

Dengan mengingat kembali, atau mengajak bernostalgia dengan masa lalu, tentu dapat membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan awal kita. Sama seperti di saham, dengan kembali ke pada riset awal kita.

Walaupun demikian, hal ini bisa berlaku jika kita memilih perusahaan yang bagus secara fundamental. Tetap hold kuat, karena bagaimanapun juga keadaan di luar kendali kita dapat mempengaruhi investasi.

Pegang dalam jangka waktu yang panjang, yang berarti mengharapkan return yang lebih tinggi meskipun pada awalnya harus nyangkut dulu.

DISCLAIMER !

Kita baru boleh investasi kalau kita mengerti apa yang kita ingin lakukan.
Jangan sekali-kali berinvestasi di instrument yang kita tidak paham cara kerjanya.

BUAT ANGKA YANG JELAS

Emosi manusia, perasaan, merupakan pemberi petunjuk yang buruk ketika mengarungi luasnya lautan di pasar modal saham.

Setidaknya sebelum terjun, coba untuk mengatur target titik harga beli dan jualnya. Selalu pastikan kembali berapa risk dan reward yang bisa tanggung.

Kumpulkan informasi sebanyak yang kita bisa sebelum melakukan eksekusi beli.

Ketika sudah mencapai target, segera amankan profit. Karena dengan merealisasikan keuntungan, kita sudah mengamankan modal sekaligus profit kita.

REVIEW ULANG PORTOFOLIO

Kita selalu bisa melakukan review terhadap portofolio kita. Kalau untuk usia 20 tahun-an, investasi yang tergolong high risk, dengan mengejar pertumbuhan yang tinggi adalah wajar.

Jika untuk pertimbangan keperluan pensiun, tentu berbeda lagi. Kita mungkin perlu memindahkan sebagian ke instrumen yang menawarkan imbal hasil yang lebih stabil.

Balik lagi ke profil risiko masing-masing.

Dan, jangan lupakan pengalaman belajar yang sudah kita alami. Yang sudah berpengalaman pun bahkan pernah membuat kesalahan.

Kalau ada seseorang yang sangat berupaya meyakinkan kita untuk masuk di saham tertentu, jangan ditelan mentah-mentah. Lakukan riset ulang sendiri.

Kesabaran melihat portofolio yang merah (pro-foto.jp)

ALTERNATIF LAIN YANG TIDAK KALAH MENARIK

Pada dasarnya, memang lebih nikmat kalau terjun langsung sendirian ke bursa saham dan ikut merasakan pergerakan harga yang cukup fluktuatif.

Semuanya kita yang pantau. 100% control ada di kita. Tentu berbeda dengan investasi melalui reksa dana.

Ibaratnya kalau di saham itu kita sebagai koki nasi gorengnya, jika dengan reksa dana yang menjadi koki tentu saja manajer investasinya.

Kita tahu bahwa tidak semuanya akan menjadi ahli saham dan belum tentu juga cocok dengan profil risiko orang tersebut.

Makanya, ada pilihan alternatif lain yaitu reksa dana dari Bibit. Pas awal pendaftaran, kita bakal dapet cashback IDR 25 ribu, dengan menggunakan kode: TWEETBYFIRMAN.

Reksa dana Bibit ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan telah digunakan lebih dari 1 juta SID.

Selain bebas biaya komisi, Bibit juga didukung oleh teknologi yang memungkinkan untuk melakukan rebalancing secara otomatis. Jadi, portofolio kita alokasinya tetap optimal.

BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Default image
Firman

Perencana keuangan dependen. Saya juga aktif menulis artikel di TweetByFirman.my.id. Punya hobi makan sushi dan sashimi, nonton anime dan pecinta negara Jepang.

Leave a Reply