Apa itu Saham?

Pengenalan dasar soal saham dan bagaimana cara belinya.
BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Ilustrasi pergerakan harga dari sebuah saham. (Pakutaso.com)

Sekarang ini memang karena teknologi sudah berkembang pesat, sehingga banyak pekerjaan yang bisa kita kerjakan di mana saja, asalkan terhubung ke Internet.

Apalagi dengan investasi, juga sudah banyak bermunculan fintech dan online banking yang mampu memberikan fasilitas akses online. Baik untuk membuka akun tabungan maupun investasi secara online.

Kalau secara dasarnya, investasi juga termasuk ke dalam tahapan perencanaan keuangan setelah tahap keamanan kita sudah terproteksi dengan baik.

Jadi, karena pada pos keamanan seperti dana darurat, asuransi jiwa dan cash flow management sudah memadai.

Ada satu tahapan lagi yaitu investasi, sebagai sarana untuk mengakumulasi kekayaan agar kebutuhan masa depan terpenuhi.

Investasi juga jenisnya banyak sekali di pasaran. Tapi pada kali ini kita akan bahas salah satunya, yaitu saham.

Ini merupakan pilihan investasi yang saat ini memang diminati oleh banyak orang. Saham merupakan tanda penyertaan modal yang menjadi bukti kepemilikan suatu perusahaan, sehingga kita punya klaim atas pendapatan dan aset perusahaan.

Sebagai salah satu bentuk produk pasar modal, saham tergolong sebagai pilihan investasi untuk jangka panjang.

Jadi ibaratnya itu ketika kita beli saham otomatis kita beli perusahaannya juga. Namun sebelumnya, sebaiknya kita perlu mengetahui cara kerja saham dulu ya supaya tidak tersesat di tengah jalan, apalagi yang berhubungan dengan risiko dan rewardnya.

TAHAPAN DASAR UNTUK MEMBELI SAHAM

Jika sudah cukup paham dan yakin untuk berinvestasi saham, selanjutnya adalah membeli saham.

Pertama harus mencari perusahaan sekuritas untuk membantu melakukan proses transaksi saham. Cari perusahaan sekuritas yang terkenal dan sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Masing-masing perusahaan sekuritas juga memberlakukan layanan dan biaya yang variatif.

Perusahaan sekuritas tadi yang akan menjadi perantara atau broker untuk membeli saham. Saat ini juga tersedia aplikasi online trading yang sudah disediakan oleh sekuritas, untuk memudahkan kita melakukan pembelian saham.

Setelah melakukan pembelian saham, yang tentunya sudah dianalisa, kemudian jangan lupa untuk tetap memantau pergerakan harga saham tersebut di pasar.

Jangan lupa untuk tetap mencari sumber informasi dari banyak channel supaya wawasan kita terhadap saham yang sudah kita pilih untuk diinvestasikan semakin dalam.

Hal yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk “take profit” jika sudah untung sesuai rencana investasi yang telah disepakati, supaya keuntungan bisa segera terealisasi.

Cek juga tips soal bagaimana mengatur keuangan pribadi:

BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Default image
Firman

Perencana keuangan dependen. Saya juga aktif menulis artikel di TweetByFirman.my.id. Punya hobi makan sushi dan sashimi, nonton anime dan pecinta negara Jepang.

Leave a Reply