Apa itu Asuransi Jiwa?

Pengenalan dasar, pengertian asuransi jiwa dan contohnya.
BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Seorang perencana keuangan memberikan saran finansial kepada nasabah (photo-ac.com)

Dalam ilmu perencanaan keuangan, asuransi jiwa merupakan salah satu solusi pada tahap awal untuk merancang tujuan finansial jangka panjang yang kuat.

Asuransi jiwa terletak pada pos keamanan di mana hal ini merupakan sesuatu yang sifatnya sangat penting atau krusial. Asuransi jiwa ini dijual sebagai produk finansial oleh perusahaan asuransi.

Secara sederhana, peserta asuransi akan mendapatkan sejumlah manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi dari pembayaran yang telah dibayarkan oleh pesertanya. Pembayaran asuransi yang dilakukan oleh peserta ini yang disebut sebagai premi.

DEFINISI ASURANSI JIWA

Pada intinya, asuransi jiwa itu adalah sebuah kontrak perjanjian (polis) antara perusahaan asuransi (penanggung) dan pemegang polis.

Dalam isi kontraknya, tertulis bahwa pemegang polis yang akan membayar premi kepada perusahaan asuransi dalam jangka waktu yang telah disepakati dan perusahaan asuransi akan membayar sejumlah manfaat apabila terdapat klaim yang juga telah disepakati.

Perusahaan asuransi juga tidak bisa mengganti atau membatalkan polis asuransi jiwa yang telah diterbitkan jika kondisi kesehatan dari peserta asuransi (tertanggung) berubah.

Namun, ketika dalam prosesnya untuk menjadi peserta asuransi, perusahaan asuransi berhak untuk menolak calon peserta asuransi karena berbagai alasan seperti kesehatan, penggunaan obat-obatan atau alasan lainnya.

Health Insurance di Jepang (free-materials.com)

KATEGORI ASURANSI JIWA

Berdasarkan jangka waktunya, biasanya asuransi jiwa dikategorikan menjadi dua, asuransi berjangka (term life) dan seumur hidup (whole life).

Asuransi berjangka merupakan asuransi yang memiliki jangka waktu hanya beberapa tahun.

Jangka waktu itu kebanyakan di mulai dari sekitar 20 tahun, 30 tahun, atau berdasarkan usia. Yang dimaksud usia adalah usia yang sekarang ini menjadi peserta asuransi sampai dengan masa pertanggungan sampai usia berapa tahun.

Lain lagi dengan yang namanya asuransi seumur hidup. Jenis ini biasanya banyak ditemukan di asuransi unit link, namun tidak menutup kemungkinan di sebagian asuransi tradisional juga tersedia layanan serupa.

Artinya seumur hidup itu peserta asuransi akan di-cover sampai usia 99 tahun ya. Jadi, berdasarkan jangka waktu berapa lama peserta asuransi yang akan ditanggung seharusnya cukup mudah dimengerti karena hanya ada dua kategori.

Fungsi dan kegunaan asuransi jiwa juga banyak macamnya, lho! Tidak hanya memberikan manfaat santunan untuk peserta asuransi yang telah meninggal dunia, tapi juga meng-cover terhadap biaya jika harus dirawat di rumah sakit.

Dapat berfungsi juga sebagai pengganti penghasilan jika seseorang terdiagnosis menderita penyakit kritis sehingga tubuhnya tidak mampu untuk beraktivitas.

BINGUNG SOAL ASURANSI?
SILAKAN HUBUNGI KAMI KAPAN SAJA.

CARA KERJA ASURANSI JIWA

Ketika ingin membeli asuransi jiwa, sebaiknya ketahui dulu tujuan keuangan jangka panjang apa yang ingin kita capai.

Lalu, diskusikan hal tersebut dengan perencana keuangan atau agen asuransi yang bisa dihubungi.

Dari hasil pemeriksaan keuangan atau kebutuhan yang telah dianalisis, kisaran premi asuransi dapat diketahui.

Walaupun ada sebagian perusahaan yang memberlakukan kebijakan tertentu untuk bebas pemeriksaan medis, pada umumnya calon nasabah akan melewati tahapan underwriting.

Underwriting adalah proses di mana perusahaan asuransi melakukan pertimbangan atas profil risiko kita bila kita menjadi peserta asuransinya. Bagian ini melibatkan beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan saat ini hingga pemeriksaan medis.

Apabila semuanya sudah selesai, untuk mengaktifkan proteksinya calon nasabah akan membayar premi yang telah disepakati pada kontrak polis yang telah dikeluarkan.

Manfaat akan bisa cair jika kita mengajukan klaim berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku oleh perusahaan asuransi.

Cek juga tips mengenai asuransi jiwa yang wajib perlu diketahui:

BAGIKAN ARTIKEL INI | TWEETBYFIRMAN.MY.ID
Default image
Firman

Perencana keuangan dependen. Saya juga aktif menulis artikel di TweetByFirman.my.id. Punya hobi makan sushi dan sashimi, nonton anime dan pecinta negara Jepang.

Leave a Reply