APPS I USE [EDISI 2021]

Ini adalah beberapa apps yang tiap hari atau hampir tiap hari saya pakai. Biasanya saya pakai beberapa software ternama, tapi saya tetap suka gratisan kok.

CONTENT PRODUCTION

Flipboard – Sumber berita dan konten terpercaya yang saya pakai sebagai content aggregator. Karena kebanyakan berasal dari luar negeri, jadi saya fungsikan untuk memperkaya ide konten saja.

Word – Siapa sih yang gak kenal aplikasi Office satu ini? Dari sejak sekolah, kuliah hingga di tempat kerja pasti pernah pakai ini. Karena saya orangnya lebih suka yang klasik, maka saya pakai ini buat menulis konten dari ide yang sudah didapatkan.

Google Keep – Ini saya pakai selain untuk menyimpan catatan penting seperti watchlist anime yang mau saya tonton, juga saya pakai buat bikin template caption. Mungkin untuk selanjutnya akan lebih berguna lagi untuk hal lain yang diperlukan.

Photoshop – Dulu saya orangnya gak mau terlalu ribet. Tapi dikarenakan makin ke sini butuh perbaikan konten dari segi estetika, makanya saya pakai photoshop buat mengconvert tweets saya untuk di-post ke sini.

SOCIAL NETWORK SERVICE

Twitter – Namanya saja TweetByFirman, ya karena saya lebih nyaman untuk “nyampah” di sini. Nyampahnya yang lebih elegan, karena seputar asuransi dan investasi yang saya tahu sampai sejauh ini. Terlepas dari jumlah followers dan viewers kontennya. Saya gak berminat untuk menjadi terkenal, saya hanya fokus sharing valuable information yang menurut saya penting untuk teman-teman kita semua.

Instagram – Ini mah cuma buat mempercantik tampilan di main page website ini. Tapi kalau dulu sebelum ada website resminya, saya biasanya bikin konten langsung dari Instagram. Karena saya sibuk dan gak mungkin saya handle semua pekerjaan sekaligus, saya menciptakan sebuah alur kerja yang lebih simpel tanpa harus mengorbankan isi kontennya itu sendiri.

OneUp – Baru-baru ini saya menemukan app menarik karena saya bisa langsung bikin beberapa thread di Twitter sekaligus. Simple dan powerful, terus bisa scheduling juga. Untuk saat ini saya masih pakai yang free trial. Tapi karena aplikasi ini masih baru, dia ada promo free plan selamanya. Cara pakainya juga dijelaskan semua, yang nanti mungkin saya bakal review lebih detil. Soalnya bagus banget.

Facebook Business Suite – Berfungsi hanya buat scheduling untuk saat ini. Bedanya ini saya pakai Business Suite buat posting ke Instagram.

MY GEAR

HP Pavilion 14″ (2017) – Model yang saya punya pakai Intel Core i5 generasi ketujuh. Untuk memori sudah saya upgrade dari yang 8 GB DDR4 ke 16 GB DDR4. Laptop ini punya dua sistem penyimpanan, HDD sama SSD. Yang HDD saya biarkan masih 1 TB, tapi untuk SSD karena gerah cuma pakai 128 GB saya ganti jadi 512 GB.

iPhone 6S – Smartphone yang saya pakai dari kuliah sampai kerja. Gak ada fitur istimewa apa-apa selain kemudahan untuk backup file penting seperti foto dan video. Sama yang tadi tuh ada Whatsapp chats, karena untuk keperluan kantor. Memorinya 128 GB, masih tersisa banyak dan cukup lega, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

iPhone 11 – Kalau yang ini saya pakai untuk keperluan pribadi. Biasalah buat pekerja zaman sekarang, punya 2 smartphone. Satu buat kepentingan bisnis, satu lagi untuk keperluan personal. Memorinya sama seperti iPhone sebelumnya, 128 GB. Saya kalau untuk keperluan personal lebih suka dihubungi via LINE. Smartphone ini irit baterai dan perfomanya kenceng banget. Hasil jepretan kameranya gak pernah mengecewakan saya.